Archos Gamepad

Mungkin sebagian besar pembaca belum pernah mendengar nama ini. Archos adalah salah satu produsen gadget dan notebook ternama yang memasarkan produknya untuk wilayah Amerika Utara dan Eropa saja. Tidak hanya sekadar menyediakan smartphone atau tablet dengan spesifikasi dan harga yang bersaing, semua produk tersebut mereka tawarkan untuk kebutuhan yang cukup spesifik. Salah satu gadget yang cukup mendapat perhatian adalah Gamepad. Berdasarkan klasifikasinya, produk ini termasuk ke dalam jajaran Themed Series.

Desainnya memang tidak biasa, Archos Gamepad memiliki rancangan yang tidak berbeda jauh dengan smartphone yang terpasang pada gamepad. Jika dijelaskan lebih jauh, bentuk yang dimilikinya memiliki kemiripan dengan konsol PlayStation Vita. Padahal, perangkat ini berjalan dengan sistem operasi Android, dan dipersiapkan untuk menikmati semua game Android yang memerlukan spesifikasi mumpuni. Sampai saat ini, Gamepad 2 adalah konsol mini terbaru garapan Archos.

PlayStation Vita

Sony sebenarnya sudah menjadi pemenang pada persaingan industri konsol. Namun, mereka melihat bahwa potensi dalam industri mobile begitu besar, sehingga memutuskan untuk menghadirkan sebuah konsol yang bertenaga dan memiliki keistimewaan. Sebelumnya, mereka telah memperkenalkan PlayStation Portable di tahun 2005, dan terus berevolusi. Sayangnya, spesifikasi hardware yang dimiliki sudah tidak bisa mendukung kebutuhan akan game dengan tampilan visual yang lebih baik.

Kehadiran PlayStation Vita menjadi jalan keluar terbaik karena hardware yang tertanam di dalamnya sanggup menghasilkan tampilan visual yang setara dengan konsol teranyar mereka. Hal ini juga didukung oleh layanan PlayStation Network dengan beberapa featurenya, seperti cross-platform, cross-buy, dan cross-save. Game-game yang dipasarkan untuknya pun sebagian bersifat eksklusif. Oleh karena itu, konsol mobile ini telah memiliki penggemar tetap.