Rekomendasi Hp yang Cocok untuk ngeGame – Dalam menjual smartphone di Indonesia, harga terjangkau tidak lagi merupakan kunci penting. Ternyata, saat ini para pengguna smartphone di Indonesia pun sudah “ melek“ dengan teknologi, diantaranya membandingkan harga dengan spesifikasi dan juga feature. Ternyata, Smartphone murah dengan feature 4G di kelas entry level saat ini sedang dilirik oleh banyak orang. Smartphone murah dengan feature 4G ternyata juga dimiliki oleh Lenovo.

Hadir dengan nama Vibe C, Lenovo melabel smartphone yang satu ini dengan harga Rp. 1,2 juta saja. Dan untuk harga tersebut, pemakai dapat menggunakan jaringan LTE dari operator di Indonesia. Lenovo Vibe C sendiri menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 210 dengan prosesor empat inti Cortex A7 berkecepatan 1,1 GHz dan GPU Adreno 304. RAM yang terpasang berkapasitas 1 GB dengan storage internal 16 GB. Layar 5 inci yang terpasang menggunakan IPS dan memiliki resolusi 854 x 480. Sistem operasinya menggunakan Android 5.1.1 Lollipop dengan Vibe UI. hp ini juga cocok untuk main game ppsspp

Desain dan Sofware

Smartphone yang juga memiliki nama Lenovo A2020 ini menggunakan bodi dengan bahan polikarbonat. Untuk bagian belakangnya, Lenovo membuat desainnya dengan finishing matte yang membuatnya tidak terlalu licin saat digenggam. Lenovo pun telah membuat build smartphone ini terasa kokoh, sehingga tidak akan mudah hancur saat terjatuh dari tangan Anda. Pada smartphone Lenovo Vibe C ini sendiri terdapat beberapa tombol dan lubang yang dapat dipakai saat menggunakan perangkat ini. Pada bagian atas dapat ditemukan lubang audio 3,5mm. Pada bagian kanannya dapat ditemukan tombol volume serta tombol power. Pada bagian bawahnya dapat ditemukan port microUSB untuk charging.

Slot microUSB serta SIM telah tersedia di dalamnya. SIM 1 pada smartphone ini menggunakan bentuk microSIM, sedangkan SIM 2 menggunakan bentuk SIM reguler. Untuk bisa memakai jaringan 4G, pengguna terlebih dahulu harus mengaktifkannya pada setting smartphone ini. Saat dimatikan, tentu saja smartphone ini akan lebih hemat baterainya. Sayangnya, saat pengujian, CHIP gagal mengaktifkan 4G dari operator yang menggunakan 850 MHz, walaupun smartphone ini mendukung. Lenovo telah memberikan layar 5 inci pada smartphone ini, sehingga pengguna lebih nyaman saat menggunakannya. Sayangnya, Lenovo tidak memberikan proteksi khusus seperti Gorilla Glass atau DragonTrail untuk smartphone ini, sehingga CHIP menyarankan untuk menggunakan tempered glass atau lapisan pelindung lainnya pada smartphone ini.

Kamera

Smartphone Lenovo Vibe C menggunakan kamera dengan resolusi 5 Megapixel pada bagian depan dan 2 Megapixel pada bagian belakangnya. Fokusnya sendiri masih menggunakan jenis fixed focus. Dan, untuk menolong pengambilan gambar pada kondisi gelap, sudah tersedia LED Flash. Untuk hasil jepretan kamera utamanya, gambarnya terasa kurang tajam dan sedikit terlihat noise pada bagian pinggirnya. Hasil ini pun dapat diperburuk saat kondisi cahaya yang diterima oleh sensornya tidak cukup. Walaupun begitu, bagi beberapa orang hasil kameranya sudah bisa diandalkan untuk mengambil gambar sehari-hari. Kamera depan yang dimiliki oleh smartphone ini tidak berbeda dengan kamera belakangnya.

Gambar pada kondisi cahaya yang cukup memang lumayan baik walaupun kurang tajam. Dan pada kondisi gelap, gambarnya kurang bagus.

Kinerja dan Baterai

Lenovo Vibe C diproduksi dengan menggunakan SoC Snapdragon 210 yang menggunakan prosesor empat core. Sayangnya, dengan menggunakan prosesor Cortex A7 membuat smartphone ini tidak berjalan pada instruksi 64 bit yang terbukti lebih kencang dibandingkan 32 bit. Walaupun merupakan prosesor lama, Cortex A7 sudah terbukti bisa diandalkan saat digunakan untuk bekerja. Penggunaan Adreno 304 juga dapat diandalkan pada beberapa game mainstream.

Akan tetapi, jangan berharap smartphone ini dapat menjalankan gamegame berat, Walaupun tersedia pada Google Play. CHIP menguji game smartphone ini dengan menggunakan beberapa game resmi dan ada lag yang ditemukan. Hasil pengujian baterai yang CHIP lakukan juga sangat baik. Untuk pengujian baterai, CHIP menggunakan aplikasi BatteryXPRT. Dengan baterai berkapasitas 2300 mAh, smartphone ini dapat digunakan dalam kondisi standar selama sekitar 14 jam 30 menit. CHIP juga melakukan pengujian ini dengan kondisi standar dan feature power saving pun juga tidak dinyalakan